How Organizational and Non-Organizational Factors of Media Shape the Nature of News

  • Ambang Priyonggo Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Makalah ini mencoba memaparkan faktor-faktor yang memengaruhi organisasi media dalam proses produksi berita. Bahasan diawali dengan elaborasi kritis tentang bagaimana sisi-sisi organisasional di lingkungan media dengan segala aspek prosedur rutin, aturan dan struktur hirarki menjadi faktor penting untuk menentukan produk akhir yang disebut berita. Pembahasan tajam lalu beralih ke news sources (nara sumber) yang begitu kuatnya menjadi determinan atas proses pembuatan berita. Dari sisi logika ekonomi, dipaparkan pula betapa faktor audiens dan pengiklan menjadi aktor-aktor penting yang tak patut dikesampingkan.

KATA KUNCI: News, news sources, journalistic process, media organization

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2010-06-01
How to Cite
Priyonggo, A. (2010). How Organizational and Non-Organizational Factors of Media Shape the Nature of News. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 19-25. Retrieved from https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/402
Section
Articles