Komodifikasi Karakter Kartun sebagai Media Komunikasi Visual dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop

Abstract

Wall’s adalah perusahan es krim terbesar di Indonesia yang memproduksi es krim dengan merek Paddle Pop yang memiliki karakter kartun singa bernama Paddle Pop yang sangat original dan unik dan akrab dengan generasi milenial (gen y dan z). Pasa awalnya karakter kartun Paddle Pop memiliki visualisasi 2 dimensi pada tahun 2000an, namun seiring berkembangnya jaman karakter Paddle Pop berevolusi menjadi 3 dimensi yang lebih dinamis dan atraktif sehingga semakin akrab dengan konsumen anak-anak. penelitian ini mengkaji komodifikasi karakter kartun sebagai media komunikasi visual pada iklan animasi es krim Paddle pop dan makna visual karakter kartun Singa Paddle Pop pada iklan animasi es krim Paddle Pop melalui pendekatan Critical Discourse Analysis Norman Fairclough dan Semiotika Roland Barthes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Florens Debora Patricia, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Dosen Prodi Desain Komunikasi Visual Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
Published
2019-01-17
How to Cite
Patricia, F. (2019). Komodifikasi Karakter Kartun sebagai Media Komunikasi Visual dalam Iklan Animasi Es Krim Paddle Pop. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v11i1.878