Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Evaluasi Website Layanan Penyedia Subtitle (Studi Kasus: Subscene)

  • Zidni Elma Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Website subscene.com merupakan salah satu website penyedia subtitle paling populer diantara website penyedia subtitle lainnya. Website ini menyediakan subtitle dengan berbagai bahasa untuk film maupun serial televisi yang dapat diakses secara gratis di internet. Sebuah website atau aplikasi pasti akan dikunjungi oleh banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda sehingga sebuah website atau aplikasi harus dirancang dengan tepat agar dapat memberikan kemudahan bagi user dalam mengaksenya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa efektif dan efisiennya website www.subscene.com. Website perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat kemudahan, kenyamanan, dan kepuasan user dalam mengakses website, dan untuk mengetahui sejauh mana tingkat usability website subscene.com. Tingkat usability dapat menjelaskan usability pada website subscene.com sudah berada pada tingkatan mana dari sisi user. Penelitian ini memberikan hasil evaluasi untuk mengetahui tingkat usability yang ada pada website subscene.com menggunakan metode usability testing yaitu System Usability Scale yang mempunyai 10 pernyataan sebagai alat pengujian, serta hasil dari penilaian System Usability Scale ini akan memberikan masukan untuk pengembangan website ke depannya agar menjadi lebih baik.

Kata Kunci: website, subscene.com, usability testing, system usability scale

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-16
How to Cite
Elma, Z. (2020). Implementasi Metode Usability Testing Dengan System Usability Scale Dalam Evaluasi Website Layanan Penyedia Subtitle (Studi Kasus: Subscene). Ultima InfoSys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 10(2), 104-110. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/si.v10i2.1197