Penilaian Penerimaan Pengguna Pada Sistem Manajemen Pengetahuan Dengan Metoda UTAUT

Studi Kasus: Portal Knowledge Management System di Perusahaan Penyedia Jasa Implementor Produk dan Layanan IT

  • Robertus Nugroho Perwiro Atmojo Bina Nusantara University
  • Much. Bagus Nurhasan Bina Nusantara University
  • Karina Citra Amanda Bina Nusantara University
  • Joanna Melissa Bina Nusantara University

Abstract

Ekspektasi perusahaan ketika melakukan investasi teknologi informasi adalah ingin memperoleh efektivitas dan efisiensi kinerja yang optimal. Namun yang terjadi dalam praktik di lapangan justru hal sebaliknya, yaitu pemborosan ongkos operasional. Melalui framework UTAUT yang digunakan dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa faktor sosial (variabel ekstrinsik) lebih mempengaruhi intensi dan sikap karyawan dalam hal penggunaan serta pemanfaatan teknologi informasi dibandingkan dengan faktor intrinsiknya. Hal ini tentu saja perlu menjadi perhatian bagi para pimpinan perusahaan sebelum melakukan investasi teknologi berbiaya besar. Dengan kata lain, akan lebih bijaksana bagi para pengambil keputusan untuk lebih dahulu memahami situasi dan kondisi dari aset sosial capital yang dimiliki daripada sekedar mengikuti tren implementasi teknologi informasi yang belum tentu cocok dan pas untuk diterapkan pada lingkungan kerjanya.

Keywords—Knowledge Management System, UTAUT, Uji Penerimaan Teknologi, Partial Least Squares, Sistem Informasi/Teknologi Informasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-31
How to Cite
Atmojo, R. N., Nurhasan, M., Amanda, K., & Melissa, J. (2016). Penilaian Penerimaan Pengguna Pada Sistem Manajemen Pengetahuan Dengan Metoda UTAUT. Ultima InfoSys : Jurnal Ilmu Sistem Informasi, 7(2), 65-74. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/si.v7i2.542