Teknik Audio Forensik Menggunakan Metode Analisis Formant Bandwidth, Pitch dan Analisis Likelihood Ratio

  • Bara Sura Deva Fresh Graduate
  • Is Mardianto Dosen

Abstract

Audio forensik merupakan cabang ilmu digital forensik dengan metode ilmiah berupa proses penganalisaan data yang digunakan untuk menyelidiki dan membangun fakta – fakta di persidangan. Subyek suara dapat menunjukkan identitas seseorang melalui metode voice identification dengan teknik komparasi data. Jika hasilnya identik dengan suara pelaku maka barang bukti rekaman suara dapat digunakan sebagai alat bantu penegakkan hukum di pengadilan. Perbandingan data suara, dilakukan melalui analisis statistik pitch, formant, bandwitdh, spektogram dan likelihood ratio untuk mendapatkan data kuantitatif dan data visual dari subyek suara yang di investigasi. Audio forensik  menggunakan dua metode utama untuk menganalisa keaslian barang bukti rekaman suara yaitu metode analisis formant bandwidth dan metode analisis likelihood ratio.
Analisis formant bandwidth menggunakan metode Anova. Selain menggunakan metode Anova, analisis dengan metode likelihood ratio dilakukan untuk menentukan nilai skor rekaman suara. Penggunaan analisis ini merupakan metode yang dapat membantu dalam menentukan identik atau tidaknya suatu rekaman barang bukti . Sehingga dapat menjadi tolak ukur keakuratan analisis formant bandwidth yang memiliki tingkat kebenaran 95%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-19
How to Cite
Deva, B., & Mardianto, I. (2019). Teknik Audio Forensik Menggunakan Metode Analisis Formant Bandwidth, Pitch dan Analisis Likelihood Ratio. Ultimatics : Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 67-72. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ti.v10i2.936