PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EDUTAINMENT INTERAKTIF DENGAN KONTEN LOKAL UNTUK ANAK USIA DINI

  • Leonardo Adi Dharma Widya
  • Lia Herna
  • Desy Sandrayani

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi digital multimedia di era industri 4.0, di mana segala hal dapat dilakukan dengan menggunakan komputer atau gadget, sehingga gen- erasi milenial (anak-anak pada khususnya) lambat laun terjebak pada teknologi ini. Melalui penelitian ini, tim peneliti mencoba untuk menjadikan teknologi multimedia sebagai pem- belajaran /materi positif untuk anak usia dini, dimana penelitian ini bertujuan untuk meng- hasilkan produk multimedia dalam bentuk edutainment dengan berbagai tematik positif untuk anak usia dini dengan konten lokal Indonesia. Produk mencakup konsep materi pem- belajaran, desain karakter, dan konsep visual/ tampilan. Penelitian melibatkan mahasiswa UMN, Desain Komunikasi Visual mata kuliah Interaktif Media Design selama satu semes- ter menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Litbang). Hasil penelitian dengan menerbitkan katalog yang berisi konsep purwa rupa dengan berbagai tema yang dianggap sesuai kriteria berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Dengan penelitian ini di- harapankan dapat menghasilkan lebih banyak lagi produk multimedia pembelajaran dalam bentuk edutainment yang positif untuk anak usia dini yang ditinjau dari aspek konsep, ma- teri, pembelajaran, visual /tampilan dalam menghadapi dan memanfaatkan perkembangan teknologi multimedia sekaligus mempublikasikan karya kreatif mahasiswa DKV - UMN. Pe- nilaian/uji coba dilakukan langsung ke target (anak sebagai obyek) untuk melihat aspek-as- pek kemenarikan, kemudahan, dan kejelasan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-07
How to Cite
Widya, L., Herna, L., & Sandrayani, D. (2020). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EDUTAINMENT INTERAKTIF DENGAN KONTEN LOKAL UNTUK ANAK USIA DINI. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 12(1), 12-23. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v12i1.1396