Interactive Book Design for Speech Delay Child Therapy

Authors

  • Leonardo Adi Dharma Widya Universitas Multimedia Nusantara
  • Prasna Juwita Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.2690

Abstract

The ability of speech is influenced by intrinsic and extrinsic factors. If the two factors do not support the development of speech in the child, then the speech ability will be late, which is called speech delay. If speech delay is not addressed immediately, then the impact will continue until the child is an adult. Therefore, interactive book design has a purpose as a media of stimulation that can be used by children and parents. This research will raise topics about the creation and application of interactive visuals in books. The results of this study are expected to be played by parents with children on a regular basis so that the features of this interactive book can be used effectively until the child is interested in learning to recognize and pronounce words or sentences and at the same time helps improve fine motor skills in the child.

Keywords : speech delay; interactive; book; stimulation

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Leonardo Adi Dharma Widya, Universitas Multimedia Nusantara

Lahir di Jakarta, 5 November 1974. Meraih jenjang Sarjana Seni tahun 1998 program Desain Komunikasi Visual di Universitas Pelita Harapan (UPH) - Tangerang dan meraih pascasarjana (Magister Desain) tahun 2014 program Desain di Universitas Trisakti - Jakarta.

Kesibukannya saat ini (selain menggeluti entrepreneur dengan mengerjakan berbagai proyek desain grafis dari beberapa klient), sejak tahun 1998 penulis telah mengabdikan ilmunya sebagai Dosen Desain Komunikasi Visual di UPH - Tangerang. Pada tahun 2010 bergabung sebagai dosen Desain Komunikasi Visual di UMN (Universitas Multimedia Nusantara) - Gading Serpong, Tangerang. Kecintaannya dalam dunia pendidikan seni, bukan hanya mengajar tingkat sarjana, melainkan juga dengan mengajar di tingkat SMA, sehingga Yayasan Pendidikan Pelita Harapan tahun 2016 mempercayakannya sampai sekarang sebagai guru part time untuk mengembangkan mata pelajaran ekskul Seni dan Desain di SMA UPH – College, Tangerang. Selain itu penulis juga menjabat sebagai anggota pengurus dan assesor LSP Ainaki (PT Sertifikasi Animasi Kreatif Indonesia), serta sering mendapatkan undangan sebagai tim penyusun maupun reviwer beberapa kegiatan swasta atau pemerintahan
seperti standard kompetensi, kualifikasi kerja, peta okupasi, pelatihan, nara sumber, dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia seni dan desain.


Pengalaman lainnya, pada tahun 1999-2010 penulis pernah menjabat sebagai Kepala Program dan Pengajar di Cybermedia College, Graphic Design Program - Kelapa Gading, Jakarta, (yang sekarang menjadi Cyber Center pusat pelatihan animasi dan lokasi kantor LSP Ainaki). Tahun 2005-2010 sebagai Dosen Tidak Tetap Universitas Mercu Buana, S1-Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Komunikasi Visual. Tahun 2011-2013 sebagai guru seni dan desain di SMK Mahanaim jurusan Animasi.

Mata Kuliah yang diampu antara lain: Fundamental Art & Design, Shape Form Analysis, Nirmana, Color Theory, Visual Communication Design, Typography, Font Design, Calligraphy-Lettering, Packaging Design, Advertising Design, Computer Graphic, Web Design, Pengembangan Media Lini Bawah, Pengembangan Gagasan Visual, Metodologi Penelitian, Digital Publishing, Design Studio, Metodologi Penelitian, Interactive Media, Bimbingan Tugas Akhir, Desain untuk Lingkungan, Desain untuk Masyarakat, dan lain-lain.

 

Published

2023-06-30

How to Cite

Widya, L. A. D., & Juwita, P. (2023). Interactive Book Design for Speech Delay Child Therapy. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 16(1), 102–113. https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.2690