Identifying Interactive Toys' Key Characteristics for Intellectual Disabilities Children in Special School

Penulis

  • Christina Flora Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v17i2.3805

Abstrak

Meningkatnya prevalensi disabilitas intelektual di Indonesia, khususnya di Jakarta, menimbulkan kekhawatiran yang mendesak. Banyak individu yang terkena dampak, khususnya anak-anak, menghadapi tantangan sosial yang perlu ditangani dan diterapkan dalam pendidikan, demikian pula peran Sekolah Luar Biasa, yang sayangnya seringkali mengandalkan metode pengajaran yang dianggap tidak sesuai untuk anak-anak tunagrahita. Oleh karena itu, sangat penting untuk merancang media yang cocok untuk pengajaran hubungan sosial di Sekolah Luar Biasa. Penggunaan mainan interaktif dalam kegiatan bermain terbukti bermanfaat dalam pendidikan, karena kontribusinya terhadap perkembangan emosional dan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mainan yang meningkatkan pembelajaran bagi siswa SD penyandang disabilitas intelektual, memberikan rekomendasi pengembangan alat pendidikan interaktif bagi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi literatur. Temuan menunjukkan bahwa penting untuk mempertimbangkan penggunaan warna, bahan, serta beberapa aspek keterlibatan dalam merancang mainan interaktif untuk siswa sekolah dasar SLB.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-12-29

Cara Mengutip

Flora, C. (2024). Identifying Interactive Toys’ Key Characteristics for Intellectual Disabilities Children in Special School. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 17(2), 117–126. https://doi.org/10.31937/ultimart.v17i2.3805