Identifying Interactive Toys' Key Characteristics for Intellectual Disabilities Children in Special School
DOI:
https://doi.org/10.31937/ultimart.v17i2.3805Abstrak
Meningkatnya prevalensi disabilitas intelektual di Indonesia, khususnya di Jakarta, menimbulkan kekhawatiran yang mendesak. Banyak individu yang terkena dampak, khususnya anak-anak, menghadapi tantangan sosial yang perlu ditangani dan diterapkan dalam pendidikan, demikian pula peran Sekolah Luar Biasa, yang sayangnya seringkali mengandalkan metode pengajaran yang dianggap tidak sesuai untuk anak-anak tunagrahita. Oleh karena itu, sangat penting untuk merancang media yang cocok untuk pengajaran hubungan sosial di Sekolah Luar Biasa. Penggunaan mainan interaktif dalam kegiatan bermain terbukti bermanfaat dalam pendidikan, karena kontribusinya terhadap perkembangan emosional dan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mainan yang meningkatkan pembelajaran bagi siswa SD penyandang disabilitas intelektual, memberikan rekomendasi pengembangan alat pendidikan interaktif bagi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan studi literatur. Temuan menunjukkan bahwa penting untuk mempertimbangkan penggunaan warna, bahan, serta beberapa aspek keterlibatan dalam merancang mainan interaktif untuk siswa sekolah dasar SLB.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.