Film Pendek Dalam Budaya Populer: Studi Kasus Atas Film Pendek Iklan Di Indonesia 2012 - 2015

  • Skolastika Lupitawina Universitas Multimedia Nusantara
  • Agus Mediarta Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan film pendek dalam lansekap budaya populer Indonesia. Penelitian dipersempit pada studi kasus untuk melihat pengaruh hegemoni dalam film pendek iklan. Subjek penelitian adalah sepuluh film pendek iklan berupa: 1) fiksi naratif (bukan serial) 2) didistribusikan di kanal YouTube resmi merek dagang 3) oleh sutradara film panjang Indonesia bermodal kebudayaan tertentu, tercantum pada kredit film 4) produksi 2012 – 2015. Film pendek iklan diteliti dengan metode kualitatif menggunakan analisis budaya, melalui observasi film dan kajian pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) film pendek bukanlah bentuk ekspresi steril dari pasar 2) film pendek iklan memiliki konvensi tersendiri dalam bentuk peletakan merek dagang 3) terdapat ekuilibrium kompromi dalam hubungannya dengan target massa karena film pendek iklan menuntut konten lebih umum, sementara keempat sutradara dikenal dengan elemen-elemen dewasa tertentu 4) sutradara dapat mempertahankan gaya visualnya (visual style), tetapi kehilangan arah (internal meaning) dari film-film panjang mereka.

Keywords : kepengarangan (auteurship), merk dagang, sutradara film, hegemoni, film pendek

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-12
How to Cite
Lupitawina, S., & Mediarta, A. (2016). Film Pendek Dalam Budaya Populer: Studi Kasus Atas Film Pendek Iklan Di Indonesia 2012 - 2015. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 8(2), 24-34. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v8i2.465