BRANDING DESIGN ABOUT BIODIVERSITY SEHATI PROGRAM BAPPEDA TANGERANG REGENCY

Penulis

  • Leonardo Adi Dharma Widya Universitas Multimedia Nusantara
  • Chrestella Francia

DOI:

https://doi.org/10.31937/juan.v1i2.3763

Abstrak

 Environmental issues have become a major issue in the destruction of biodiversity in Tangerang Regency due to the lack of public awareness that causes biodiversity to become extinct. Therefore, BAPPEDA Tangerang District planned the SEHATI Program or Biodiversity School Program to educate students about biodiversity and shape children's character into environmentalists as a first step in public awareness. Although it has been running smoothly for four years, the SEHATI Program does not yet have a logo to represent it, so some schools that do not know about the program cannot easily recognize it. The author decided to design Branding in the form of a Graphic Standard Manual. The research methods used are interviews, observation, and online questionnaire distribution. Then, the research data will be processed through Alina Wheeler's design method from a book entitled Designing Brand Identity which consists of five design stages. From this design method, the author designed the SEHATI Program Graphic Standard Manual which contains a description of the logo, logo elements, logo meaning, and secondary media that will be used by BAPPEDA Tangerang Regency and shown to schools during SEHATI Program activities.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Leonardo Adi Dharma Widya, Universitas Multimedia Nusantara

Lahir di Jakarta, 5 November 1974. Meraih jenjang Sarjana Seni tahun 1998 program Desain Komunikasi Visual di Universitas Pelita Harapan (UPH) - Tangerang dan meraih pascasarjana (Magister Desain) tahun 2014 program Desain di Universitas Trisakti - Jakarta.

Kesibukannya saat ini (selain menggeluti entrepreneur dengan mengerjakan berbagai proyek desain grafis dari beberapa klient), sejak tahun 1998 penulis telah mengabdikan ilmunya sebagai Dosen Desain Komunikasi Visual di UPH - Tangerang. Pada tahun 2010 bergabung sebagai dosen Desain Komunikasi Visual di UMN (Universitas Multimedia Nusantara) - Gading Serpong, Tangerang. Kecintaannya dalam dunia pendidikan seni, bukan hanya mengajar tingkat sarjana, melainkan juga dengan mengajar di tingkat SMA, sehingga Yayasan Pendidikan Pelita Harapan tahun 2016 mempercayakannya sampai sekarang sebagai guru part time untuk mengembangkan mata pelajaran ekskul Seni dan Desain di SMA UPH – College, Tangerang. Selain itu penulis juga menjabat sebagai anggota pengurus dan assesor LSP Ainaki (PT Sertifikasi Animasi Kreatif Indonesia), serta sering mendapatkan undangan sebagai tim penyusun maupun reviwer beberapa kegiatan swasta atau pemerintahan
seperti standard kompetensi, kualifikasi kerja, peta okupasi, pelatihan, nara sumber, dan lain-lain yang berhubungan dengan dunia seni dan desain.


Pengalaman lainnya, pada tahun 1999-2010 penulis pernah menjabat sebagai Kepala Program dan Pengajar di Cybermedia College, Graphic Design Program - Kelapa Gading, Jakarta, (yang sekarang menjadi Cyber Center pusat pelatihan animasi dan lokasi kantor LSP Ainaki). Tahun 2005-2010 sebagai Dosen Tidak Tetap Universitas Mercu Buana, S1-Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Komunikasi Visual. Tahun 2011-2013 sebagai guru seni dan desain di SMK Mahanaim jurusan Animasi.

Mata Kuliah yang diampu antara lain: Fundamental Art & Design, Shape Form Analysis, Nirmana, Color Theory, Visual Communication Design, Typography, Font Design, Calligraphy-Lettering, Packaging Design, Advertising Design, Computer Graphic, Web Design, Pengembangan Media Lini Bawah, Pengembangan Gagasan Visual, Metodologi Penelitian, Digital Publishing, Design Studio, Metodologi Penelitian, Interactive Media, Bimbingan Tugas Akhir, Desain untuk Lingkungan, Desain untuk Masyarakat, dan lain-lain.

 

Diterbitkan

2025-02-13

Cara Mengutip

Widya, L. A. D., & Francia, C. (2025). BRANDING DESIGN ABOUT BIODIVERSITY SEHATI PROGRAM BAPPEDA TANGERANG REGENCY. JUAN (Jurnal Ultima Abdimas Nusantara), 1(2), 1–14. https://doi.org/10.31937/juan.v1i2.3763