Sosialisasi Literasi Digital dan AI untuk Membangun Generasi Pengguna Teknologi yang Cerdas dan Aman

Penulis

  • Fatimah Azzahra A Universitas Bosowa
  • Anindita Boro Pirade Universitas Bosowa
  • Abdillah SAS Universitas Bosowa
  • Sahabuddin Rifai Universitas Bosowa

Abstrak

Integrasi literasi digital dan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi strategi penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pengguna teknologi yang cerdas dan bertanggung jawab. Artikel ini menyajikan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi yang dilaksanakan di SMK 45 Tritunggal Makassar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap AI, termasuk manfaat, risiko, dan implikasi etisnya, sekaligus memperkuat keterampilan literasi digital mereka. Melalui tahapan yang terstruktur seperti observasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, program ini dilaksanakan dengan partisipasi 25 siswa kelas 10. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kesadaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terkait penggunaan teknologi berbasis AI. Inisiatif ini menegaskan pentingnya membekali siswa tidak hanya dengan keterampilan teknis, tetapi juga dengan kesadaran etis dan pemahaman kritis dalam menghadapi tantangan era digital. Diharapkan program ini dapat menjadi model bagi institusi pendidikan lain dalam mendorong penggunaan AI yang bertanggung jawab melalui pendidikan literasi digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fatimah Azzahra A, Universitas Bosowa

Teknologi Informasi

Anindita Boro Pirade, Universitas Bosowa

Teknologi Informasi

Abdillah SAS, Universitas Bosowa

Teknologi Informasi

Sahabuddin Rifai, Universitas Bosowa

Teknologi Informasi

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Azzahra A, F., Boro Pirade, A., SAS, A., & Rifai, S. (2025). Sosialisasi Literasi Digital dan AI untuk Membangun Generasi Pengguna Teknologi yang Cerdas dan Aman . JUAN (Jurnal Ultima Abdimas Nusantara), 2(1), 18–25. Diambil dari https://ejournals.umn.ac.id/index.php/JUAN/article/view/4254