Mengadopsi Tutor Cerdas dalam penggunaan Aplikasi Pemasaran Digital Studi Kasus: UMKM Desa Curug Sangereng, Banten
Abstrak
Digitalisasi teknologi memberikan dampak yang signifikan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan operasional hingga meningkatkan pemasaran. Hal ini merupakan dampak dari pemanfaatan sistem informasi secara optimal. Namun UMKM kurang memanfaatkan sistem informasi secara optimal sehingga mengakibatkan operasionalnya tidak efektif. Meskipun penelitian-penelitian sebelumnya telah mengkaji faktor-faktor penting dalam mencapai digitalisasi UMKM, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut dari perspektif lain yang menyelidiki solusi kompleksitas UMKM menuju digitalisasi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur untuk memetakan faktor-faktor utama dari perspektif People, Process, dan Technology. Kemudian dilakukan pengujian terhadap responden dan pengolahan data menggunakan metode SmartPLS untuk menentukan pemeringkatan indikator utama sebagai dasar merancang pemodelan dan membangun aplikasi pemasaran digital. Pelatihan dan Edukasi merupakan indikator signifikan hasil temuan pengolahan data penelitian ini yang dapat membantu UMKM untuk mampu mengadopsi tutor cerdas dalam rangka memanfaatkan penggunaan aplikasi digital marketing secara praktis sesuai kebutuhan bisnis UMKM. Hasil penelitian ini berupa rancangan pemodelan pemasaran digital bagi UMKM agar dapat mencapai SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur) yaitu mengevaluasi model untuk menemukan praktik yang baik dalam pengelolaan transaksi bisnis dan meningkatkan kinerja UMKM.