Dampak Gamifikasi Tangga Interaktif untuk Mengubah Kebiasaan Manusia Studi Kasus Universitas Multimedia Nusantara
Abstract
Gamifikasi merupakan proses yang ditempuh untuk menambahkan elemen permainan di dalam suatu aktifitas, untuk meningkatkan partisipasi dan kepuasan (user experience/UX). Gamifikasi juga dapat dilakukan untuk mengubah kebiasaan seseorang sehingga dapat dicapai penghematan penggunaan energi dan membuat pengguna lebih sehat. Paper ini membahas dampak pembuatan tangga interaktif dengan unsur gamifikasi berupa tangga yang dapat mengeluarkan suara/musik yang jenisnya dapat dipilih oleh pengguna tangga. Pemilihan suara tersebut disimpan pada basis data sistem dengan memanfaatkan ID yang dientri dengan kartu RFID. Responden penggunanya adalah mahasiswa, dosen dan karyawan yang biasa memanfaatkan tangga dan lift/elevator. Apabila pengguna melewatkan kartu pengenal RFID ke sistem, tangga akan memainkan tangga nada dengan pilihan suara gitar, piano atau saxophone. Tinggi atau rendahnya suara akan tergantung dari posisi anak tangga yang dipijak. Tujuan dari gamifikasi ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh gamifikasi dengan elemen suara. Dari proses studi yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa unsur gamifikasi suara yang berupa anak tangga interaktif yang memainkan tangga nada telah menimbulkan keinginan orang untuk mencoba dengan melewati tangga dibandingkan dengan menggunakan lift. Hanya saja hal ini berlangsung singkat karena selanjutnya tidak dapat meningkatkan penggunaan tangga. Dari penelitian ini belum terbukti bahwa gamifikasi dapat memodifikasi perilaku pengguna yang mencari kenyamanan dengan menambahkan elemen gamifikasi berbentuk suara, tanpa menimbulkan keluhan dari pengguna. Pengguna hanya mau menggunakan pada saat awal saja pada saat sistem masih baru karena rasa keingintahuan pengguna, untuk kemudian kembali ke aktifitas atau kenyamanan semula.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Copyright without Restrictions
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
The submitted papers are assumed to contain no proprietary material unprotected by patent or patent application; responsibility for technical content and for protection of proprietary material rests solely with the author(s) and their organizations and is not the responsibility of the ULTIMA Computing or its Editorial Staff. The main (first/corresponding) author is responsible for ensuring that the article has been seen and approved by all the other authors. It is the responsibility of the author to obtain all necessary copyright release permissions for the use of any copyrighted materials in the manuscript prior to the submission.