ANALISIS PENGARUH UBIQUITY, PERSONALIZATION, DAN INFORMATIVENESS TERHADAP USEFULNESS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STICKINESS OF MOBILE APPLICATION TELAAH PADA PENGGUNA MUSIC STREAMING APPLICATION

  • Purnamaningsih Purnamaningsih Universitas Multimedia Nusantara
  • Nosica Rizkalla

Abstrak

Music streaming application di Indonesia mulai berkembang, yang ditandai dengan peningkatan jumlah penggunanya. Namun demikian, dengan tersedianya banyak pilihan penyedia jasa aplikasi music streaming, yang menawarkan kemudahan dalam mengakses lagu mendorong penggunanya dapat dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Kondisi ini tentunya tidak menguntungkan bagi penyedia jasa aplikasi. Mengingat salah satu keuntungan yang diperoleh oleh penyedia aplikasi adalah pembelian konten berbayar pada aplikasi tersebut. Semakin lama sebuah aplikasi digunakan kemungkinan untuk membeli konten yang berbayar semakin besar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan frekuensi penggunaan aplikasi melalui pendekatan post adoption yaitu stickiness. Diharapkan pengguna layanan music streaming aplikasi dapat terus menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka panjang dan memanfaatkan jasa lain dalam aplikasi tersebut. Terdapat empat hipotesis yang akan diuji dan dianalisis dengan structural equation model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa ubiquity dan personalization mempengaruhi usefulness, yang pada ahirnya akan meningkatkan stickiness. Sedangkan pada penelitian ini informativeness terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap usefulness. Implikasi penelitian menggambarkan upaya peningkatan persepsi manfaat dari sebuah aplikasi agar pengguna berbayar mau menggunakan aplikasi tersebut dalam jangka panjang.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Biografi Penulis

Purnamaningsih Purnamaningsih, Universitas Multimedia Nusantara

Fakultas Bisnis, Jurusan Manajemen

Diterbitkan
2020-03-09