Pengembangan Model Perilaku Konsumen Pria Dalam Membeli Produk Perawatan Kulit (Skin Care) Di Indonesia

Authors

  • Very Irawan PT. ESE Plastics Indonesia
  • Anton Wachidin Widjaja Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.173

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti secara mendalam fenomena perilaku konsumen pria dalam membeli produk perawatan kulit di Indonesia. Model Theory of Reasoned Action (TRA) yang telah dikembangkan oleh Ajzen dan Fishbein digunakan sebagai kerangka dasar teoritis dalam penelitian ini, serta dilakukan modiï¬kasi dengan menambahkan variabel keyakinan terhadap atribut produk, efek penuaan, perhatian terhadap kesehatan, dan citra diri. Kuesioner dikembangkan dan didistribusikan pada pria Indonesia antara umur 20-44 tahun di Jakarta dengan menggunakan convenience sampling. Sebanyak 226 kuesioner yang telah diisi secara lengkap kemudian dianalisis dengan menggunakan program LISREL 8.70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keyakinan terhadap atribut produk, citra diri, efek penuaan, dan sikap memiliki pengaruh terhadap intensi membeli serta perilaku pembelian pria Indonesia dalam membeli produk perawatan kulit. Perhatian terhadap kesehatan memiliki pengaruh yang kurang signiï¬kan dalam penelitian ini. Sedangkan pengaruh normatif memiliki pengaruh yang negatif terhadap intensi membeli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku pembelian dan intensi membeli pria Indonesia lebih dikarenakan sikap atau faktor personal, tanpa adanya pengaruh normatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2011-06-01

How to Cite

Irawan, V., & Widjaja, A. W. (2011). Pengembangan Model Perilaku Konsumen Pria Dalam Membeli Produk Perawatan Kulit (Skin Care) Di Indonesia. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.173