Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket Di Jakarta

  • Soeseno Bong Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Perkembangan pesat usaha Hypermarket adalah konsekuensi logis dari pertumbuhan ekonomi dan pergerakan globalisasi dunia, yang merupakan salah satu bentuk usaha jasa distribusi yang ramai dibicarakan dan berkembang pesat di Indonesia dan Negara-negara berkembang lainnya. Dalam upaya menerapkan strategi pemasaran mutahir dengan didukung oleh kemajuan teknologi informasi untuk mempertahankan loyalitas konsumennya maka hypermarket secara konsisten mempelajari perilaku konsumennya. Salah satu perilaku konsumen yang sangat penting adalah perilaku Belanja Impulsif (Impulse Buying Behavior). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel In-store Stimuli terhadap Impulse Buying Behavior konsumen. Penulis menguji hipotesis pengaruh variable stimulus toko terhadap perilaku belanja impulsif untuk membuktikan apakah betul terdapat pengaruh signifikan langsung kedua variable tersebut. Hasil temuan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh bisnis ritel di Inodoneisa. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa memang terdapat pengaruh signifikan langsung dari upaya stimulus oleh manajemen took terhadap prilaku impulsifitas konsumen.

Kata Kunci: Hypermarket, Perilaku Belanja Impulsif, Personal Antecedents, In-store Stimuli, In-store Browsing, and Shopping Enjoyment. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-06-01
How to Cite
Bong, S. (2011). Pengaruh In-Store Stimuli Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Hypermarket Di Jakarta. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 31-52. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.175