Implementasi Strategi Bisnis dan Korporasi Melalui Merger dan Akuisisi

  • Suwinto Johan Universitas Multimedia Nusantara

Abstract

Setiap manusia selalu ingin bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Manusia bisa bertumbuh secara pribadi dengan meraih kehidupan yang lebih baik melalui berkarya dan belajar, Sebagai makluk sosial, manusia berkembang biak melalui pertemanan dan interaksi dengan lingkungannya, hingga menghasilkan turunannya. Begitu juga dengan sebuah organisasi yang merupakan kumpulan dari manusia-manusia yang berinteraksi guna mencapai sebuah tujuan. Menurut Stephen P Robbins (1990) organization is a consciously coordinted social entity, with a relatively identifiable boundary, that functions on relatively continous basis to achieve a common goal or set of goals. Common goal or set of goals di dunia bisnis atau tujuan sebuah perusahaan adalah memaksimunkan nilai perusahaan dengan salah satunya adalah untuk memperoleh keuntungan yang maksimun dalam menjalankan usahanya. Selain bertumbuh secara organik, perusahaan juga akan bertumbuh secara non-organik atau yang dikenal dengan melalui merger dan akuisisi seperti manusia melalui perkawinan. Akan tetapi, sama seperti manusia, organisasi juga tidak terlepas dari lingkungannya. Selama abad 20, perubahan lingkungan telah menjadi semakin kompleks dan yang belum dikenal sebelumnya baik dari segi jumlah perubahan yang terjadi maupun tingkat kecepatan perubahan itu sendiri (Ansoff, 1990).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2011-06-01
How to Cite
Johan, S. (2011). Implementasi Strategi Bisnis dan Korporasi Melalui Merger dan Akuisisi. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 68-81. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/manajemen.v3i1.176