Strategi Meningkatkan Daya Saing Industri Kreatif Indonesia: Studi Kasus Pengembangan Klaster Industri Alas Kaki Kecamatan Tamansari, Bogor

  • Gema Setya Anggara Putra
  • Noveri Maulana PPM School of Management

Abstract

Peningkatan daya saing industri kreatif Indonesia menjadi perbincangan sengit seiring pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di penghujung tahun 2105 silam. Presiden Jokowi melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) selalu berupaya untuk mempercepat peningkatan daya saing industri kreatif sebagai kekuatan ekonomi baru di Indonesia. Namun, belum banyak industri kreatif yang mampu berkembang dan memiliki daya saing tinggi ketika berada di tengah pasar industri global. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif solusi untuk menjawab permasalahan itu. Melalui kajian mendalam atas industri alas kaki di Kecamatan Tamansari, Bogor, penelitian ini diharapkan mampu merancang sebuah model strategi daya saing bagi industri kreatif tanah air. Menggunakan model porter diamond analysis, penelitian ini akan menyusun rancangan strategi bagi klaster industri alas kaki Tamansari serta mengkaji faktor peluang dan ancaman dalam mengembangkan industri kreatif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus dan teknik perolehan data menggunakan wawancara, observasi, FGD, dan analisis dokumen. Setelah data dianalisis melalui coding dan kategorisasi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peningkatan daya saing industri kreatif sangat bergantung pada ketersedian modal, pembinaan kreatifitas pelaku usaha, serta aspek pemasaran yang terintegrasi teknologi. Perlu optimalisasi komponen pendukung industri kreatif model Porter Diamond agar daya saing industri kreatif Indonesia semakin meningkat di tengah pasar industri dunia.

 

Keywords:

Ekonomi kreatif, Industri kreatif, Bekraf, UKM, Daya saing, Sentra Industri, Tamansari, Bogor, Porter Diamond, Klaster Strategi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-31
How to Cite
Putra, G., & Maulana, N. (2019). Strategi Meningkatkan Daya Saing Industri Kreatif Indonesia: Studi Kasus Pengembangan Klaster Industri Alas Kaki Kecamatan Tamansari, Bogor. Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 97-109. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/manajemen.v10i2.825