Login > Prepare Article > Article Format > Submit

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Penulis telah membaca dan melakukan uji materi yang hendak disampaikan.
  • Teks naskah dan temuan yang dilaporkan seluruhnya adalah hasil karya orisinil penulis dan diakui.
  • Naskah yang diserahkan atau data yang termuat di dalamnya belum dipublikasikan atau diterima untuk publikasi dalam jurnal lain dan tidak sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain.

Author Guidelines

 A.    Format Naskah

Teks naskah dituliskan dalam Microsoft (MS) Word (version 7.0 or later). Naskah diketik dengan Times New Roman dan ukuran (font size) yang sama untuk seluruh naskah font size 12, spasi tunggal, kiri dan kanan sejajar, pada halaman satu-sisi dan di atas kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin tepi atas 3,5 cm, tepi bawah 2,5 cm, dan kiri dan kanan masing-masing 2 cm.

Teks naskah (termasuk halaman judul, abstrak, teks utama, dan referensi) diikuti oleh tabel dan gambar harus dalam file kata. Setiap angka harus diberi label dengan nomor angka. Naskah yang tidak sesuai dengan “Format Naskah” dan “Organisasi Penulisan Naskah” akan dikembalikan kepada penulis.

Teks naskah harus dituliskan sesuai dengan template. Panjang naskah 5000-10000 kata.  

B.     Organisasi Penulisan Naskah

   1.      Artikel

Artikel adalah laporan penelitian yang berisikan deskripsi rinci dari penelitian orisinil dan/atau ringkasan artikel ilmiah d ibidang keilmuan komunikasi dan media, kajian teoritis dalam lingkup keilmuan komunikasi dan/atau aplikasi teoritis terhadap isu terbaru di bidang media atau resensi buku. Artikel harus terstruktur pada bagian (1) Abstrak (Inggris dan Indonesia), (2) Pendahuluan, (3) Tinjauan literatur: teori dan konsep (4) Metode, (5) Hasil (6) Diskusi (7) Kesimpulan dan (8) Referensi.

   2.      Judul Artikel

Judul harus spesifik, efektif dan lugas. Oraganisasi penulisan di bawah ini wajib diikuti:

a. Judul (kasus judul, font size: 14 pt, boldcentered); Judul harus singkat dan tidak melebihi 20 kata

b. Nama Pengarang (font size: 12 pt)

c. Afiliasi Penulis (font size: 10 pt)

d. Alamat dari lembaga di mana penulis melakukan penelitian (font size: 10 pt)

e. Nama, alamat e-mail, dan nomor telepon dan fax dari penulis (font size: 10 pt).

   3.      Abstrak (font size: 12, bold)

Setiap artikel harus disertai satu paragraf abstrak terdiri dari 200-300 kata dengan spasi 1. Abstrak tidak harus mengulang informasi yang sudah ada dalam judul. Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Penulisan abstrak tercetak miring.

   4.      Kata Kunci (font size: 10, italics)

Segera setelah abstrak, memberikan maksimum 5 kata kunci (keywords) ditulis dalam urutan abjad. Kata kunci bisa berupa konsep-konsep, hindari istilah umum dan singkatan.

   5.      Pendahuluan (font size: 12, bold)

Pendahuluan (Introduction) menyajikan tujuan studi/ penelitian/ naskah yang dilaporkan dan mereka dengan karya sebelumnya. Penggunaan referensi atau pengutipan hanya sebagai referensi yang diperlukan untuk memberikan latar belakang yang paling menonjol agar pembaca memahami. Berisikan pula gambaran singkat tujuan studi/ penelitian/ naskah dan hasil penelitian. Komposisi pendahuluan terhadap keseluruhan artikel adalah berkisar 20%. 

   6.      Tinjauan Literatur: Teori dan Konsep

Tinjauan literatur mencakup teori dan konsep-konsep yang digunakan dalam artikel. Komposisi tinjauan literatur terhadap keseluruhan artikel berkisar 25-30%. 

7.        Metodologi

Metodologi mencakup informasi mengenai paradigma peneliti (tidak wajib), pendekatan penelitian (kualitatif/kuantitatif), metode yang digunakan, teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Komposisi metode terhadap keseluruhan artikel berkisar 10 - 15%. 

 8.      Hasil dan Diskusi/Pembahasan (font size: 12, bold)

Hasil dan diskusi dapat dipisahkan bila terlalu panjang. Bagian ini menunjukkan ringkasan dari hasil penelitian serta interpretasi peneliti dalam kaitannya dengan teori/konsep yang digunakan. Komposisi hasil dan diskusi terhadap keseluruhan artikel adalah 25-30%. 

9.      Kesimpulan (font size: 12, bold)

Bagian ini berisikan:

1. Ringkasan temuan penelitian dan interpretasi

2. Saran akademik terhadap penelitian terkait selanjutnya

Komposisi bagian ini terhadap keseluruhan artikel adalah berkisar 10%. 

10.  Referensi

Semua referensi yang digunakan dalam tubuh artikel wajib dimuat di bagian ini. Sebaliknya, referensi yang tidak digunakan tidak perlu dimuat dalam bagian ini. Referensi yang digunakan sebaiknya diterbitkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, kecuali untuk karya lama yang tidak diterbitkan lagi namun masih relevan. Gunakan gaya pengutipan American Psychological Association (APA) Style 6. Penggunaan Zotero, software referensi open access, sebagai referencing manager sangat direkomendasikan.  

 11.      Tabel/Gambar/Grafik

Tabel/gambar/grafik harus diketik terpisah dari teks utama. Badan atau isi tabel menggunakan font size yang sama dengan spasi single. Setiap tabel harus diberi nomor dengan angka (misalnya, Tabel 1, Tabel 2) dan termasuk judul. Jangan gunakan putusan vertikal di tabel. 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.