Perancangan Puzzle Sudoku Warisan Hanacaraka Menggunakan Metode Design Thinking dan Game Design
DOI:
https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2582Abstrak
Mempelajari aksara Jawa atau Hanacaraka memang tidak punya manfaat pragmatis bagi kebanyakan orang, sehingga minat mempelajarinya rendah, terutama anak SD dan SMP yang mendapat materinya di sekolah. Padahal melestarikan aksara Jawa memiliki banyak keuntungan seperti membangun karakter kebangsaan yang kuat. Upaya meningkatkan minat belajar aksara Jawa perlu dilakukan, salah satunya dengan menggunakan cara persuasif melalui media yang menyenangkan untuk anak-anak. Warisan Hanacaraka, aplikasi permainan puzzle Sudoku, hadir sebagai media pembelajaran. Dengan pendekatan kualitatif, tulisan ini akan mengurai ide perancangan Warisan Hanacaraka yang menggunakan design thinking dengan panduan game design yang disesuaikan dengan jenis permainan Sudoku. Warisan Hancaraka dapat menjadi variasi permainan Sudoku yang belum pernah ada, apalagi dengan memasukkan unsur budaya tradisi yang khas seperti batik, dongeng, dan candi yang dikombinasikan secara konseptual pada UI UX, gameplay dan cerita. Tidak hanya menjadi solusi potensial untuk meningkatkan minat belajar aksara Jawa, namun juga dapat menjadi alternatif penggunaan smartphone yang positif karena memiliki manfaat mengembangkan segi kognitif dan afektif.
Kata Kunci: hanacaraka; aplikasi; permainan; sudoku
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.