Perancangan Ulang Identitas Visual Yangko Pak Prapto Dengan Kemasan Sebagai Media Utama

Penulis

  • Maxellino Putra Wijaya Universitas Bunda Mulia
  • Yana Erlyana Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2788

Abstrak

Yangko Pak Prapto merupakan salah satu brand makanan tradisional, sekaligus merupakan oleh-oleh khas kota Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1970. Ketatnya persaingan pasar, membuat sebuah brand membutuhkan strategi branding yang tepat agar mampu bersaing, serta memiliki identitas yang kuat sehingga produk memiliki pembeda dengan brand lain dan mudah untuk diingat oleh konsumen. Permasalahan ditemukan bahwa brand Yangko Pak Prapto kalah bersaing dikarenakan tidak memiliki strategi branding yang tepat dan kurangnya promosi yang dilakukan. Rebranding dapat dilakukan untuk memperkuat identitas brand dan menarik pelanggan baru, salah satu strateginya dengan menggunakan kemasan sebagai media utama, karena kemasan merupakan bagian dari produk yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Metode dalam penelitian perancangan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dan proses perancangan menggunakan metode design thinking. Fokus dari penelitian ini adalah untuk merancang kembali brand yangko pak prapto dengan kemasan sebagai media utama dan merancang media promosi untuk meningkatkan awareness masyarakat pada brand baru dari Yangko Pak Prapto., dengan harapan brand dapat memiliki identitas visual yang kuat serta meningkatkan penjualan, dan juga dapat menjadi contoh yang baik dalam pengembangan sebuah brand UMKM lokal. Sehingga penelitian perancangan ini menghasilkan perancangan brand berupa logo baru, kemasan baru yang terdiri dari kemasan primer dan sekunder, serta beberapa media pendukung.

Kata Kunci: rebranding; identitas brand; desain kemasan; yangko pak prapto; umkm; produk lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-12-28

Cara Mengutip

Wijaya, M. P., & Erlyana, Y. (2022). Perancangan Ulang Identitas Visual Yangko Pak Prapto Dengan Kemasan Sebagai Media Utama. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 15(2), 231–243. https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2788