Analisis Elemen Dramatis Game Petualangan Sebagai Media Penyadartahuan Terhadap Satwa

Penulis

  • Silviana Ginting Institut Teknologi Bandung
  • Irfansyah Irfansyah Institut Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2807

Abstrak

Game petualangan adalah salah satu genre game populer yang memungkinkan pemain bersimulasi menjadi karakter tertentu yang dipandu melalui cerita diikuti dengan eksplorasi dan pemecahan teka-teki sebagai gameplay utamanya. Selain menyenangkan, menghibur dan menarik, game juga mampu menyampaikan konten serius seperti memberikan pembelajaran tertentu atau meningkatkan kesadaran pada fenomena sosial, termasuk edukasi dan kesadaran tentang keberadaan satwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi game petualangan sebagai media penyadartahuan terhadap isu perlindungan dan pelestarian satwa melalui penggunaan elemen dramatis dalam fitur game petualangan. Terdapat dua game bertema satwa yang dipelajari dalam penelitian ini: Rhino Raid dan A Street Cat's Tale. Dalam penelitian ini dilakukan analisis kedua game secara komparatif dalam bentuk kualitatif deskriptif yang dibedah dengan teori elemen dramatis pada metode Playcentric Approach. Hasil penelitian dan temuan diharapkan dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan game sejenis yang dimanfaatkan sebagai media edukasi dan kesadaran terhadap satwa khususnya satwa langka Indonesia.

Kata Kunci: game petualangan; penyadartahuan; satwa; elemen dramatis; playcentric.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-12-28

Cara Mengutip

Ginting, S., & Irfansyah, I. (2022). Analisis Elemen Dramatis Game Petualangan Sebagai Media Penyadartahuan Terhadap Satwa. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 15(2), 160–172. https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i2.2807