Reconstruction of Creative Products Based Using a Design Thinking Approach The "Spirit of Majapahit” Case Study

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3165

Abstrak

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan warisan. Kekayaan budaya ini dapat dilihat dari artefak dan situs sejarah yang ditemukan di seluruh Indonesia. Namun, generasi muda Indonesia kurang mengenal budayanya sendiri. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah langkanya produk peninggalan sejarah yang direkonstruksi untuk diperkenalkan kepada generasi muda Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis proses rekonstruksi peninggalan sejarah Indonesia, Spirit Majapahit dengan pendekatan Design Thinking.
Riset dan analisis terhadap proses penciptaan kembali Spirit Majapahit dapat menjadi dasar pola pikir desain yang dapat dijadikan pedoman dalam mengkreasi produk sejarah lokal Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif yang dilakukan dengan wawancara terstruktur dengan personel yang terlibat aktif dalam proses reinventing the Spirit of Majapahit dan pakar budaya Indonesia. Selain metode kualitatif, studi pustaka dilakukan untuk mencari data mengenai proses penciptaan produk kreatif, penelitian terdahulu tentang adaptasi produk sejarah lokal Indonesia, dan tanggapan khalayak terhadap rekonstruksi produk budaya masa lalu.
Hasil kajian digunakan sebagai dasar untuk membuat modul pola pikir desain produk berbasis sejarah lokal Indonesia yang dikaitkan dengan pendekatan Design Thinking yang sistematis dan dapat ditiru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Sutanto, S. M., Wardaya, M., & Budi, H. S. (2023). Reconstruction of Creative Products Based Using a Design Thinking Approach The "Spirit of Majapahit” Case Study. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 16(1), 39–49. https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3165