Rigging System Design in Character "Gery” for 3D Character Animation Course

Penulis

  • Eldwin Manuel Sumampouw Multimedia Nusantara Polytechnic
  • Tito Ari Pratama Multimedia Nusantara Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v17i2.3790

Abstrak

Perancangan sistem rigging yang direncanakan dengan baik akan memudahkan seorang animator dalam menganimasikan sebuah model. Sistem rigging dirancang untuk menciptakan hierarki pengendali dan hierarki penguatan sendi untuk menggerakkan model. Sistem rigging harus diciptakan untuk mengembangkan kenyamanan pengguna dan merancang sistem yang efisien untuk memudahkan animator dalam menganimasikan model. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan model asli bernama Gery beserta perancangan sistem rigging yang nyaman dan efisien, khususnya pada perancangan sistem rigging wajah yang inovatif. Pada penelitian ini, penulis akan mengamati model Stewart sebagai landasan perancangan sistem rigging tubuh dan model Mery sebagai landasan perancangan sistem rigging wajah. Penulis menerapkan teori utama alur kerja sistem rigging yang dibuat oleh Cheryl Briggs sebagai pedoman dalam tahap produksi karya. Penulis juga menerapkan teori pendukung berupa rancangan rancangan body rigging yang dibuat oleh Eric Allen & Kelly L. Murdock serta penerapan acuan teori FACS yang disusun oleh Brigita C. Beavis sebagai pedoman dalam tahap praproduksi. Hasil identifikasi ini akan menjadi dasar perancangan sistem rigging model Gery. Sistem ini efisien dan nyaman untuk pembelajaran mata kuliah animasi karakter 3D.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Eldwin Manuel Sumampouw, Multimedia Nusantara Polytechnic

Mahasiswa program studi animasi di Politeknik Multimedia Nusantara

Diterbitkan

2024-12-29

Cara Mengutip

Sumampouw, E. M., & Pratama, T. A. (2024). Rigging System Design in Character "Gery” for 3D Character Animation Course. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 17(2), 138–150. https://doi.org/10.31937/ultimart.v17i2.3790