ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN RAMAYANA BERBASIS EPIC MODEL PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE
DOI:
https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i1.1252Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan Ramayana versi ‘Lebaran di Planet Udique' pada media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan kuesioner daring dengan sampel sebanyak 96 orang mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin yang pernah melihat iklan Ramayana versi ‘Lebaran di Planet Udique'.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode EPIC, yaitu menggunakan variable empati (empathy), persuasi (persuasion), dampak (impact), dan komunikasi (communication). Hasil analisis EPIC untuk masing-masing variabel adalah 3.52 untuk variable empathy, 3.51 untuk variabel persuasion, 3.42 untuk variabel impact dan 3.57 untuk variabel communication. Nilai EPIC rate berada di angka 3.50. Nilai ini berada dalam rentang "efektif” yang berarti bahwa iklan terbukti dapat memberikan informasi dan pesan yang menarik, yang mendorong seseorang untuk berperilaku, yaitu keputusan pembelian
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.