ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN RAMAYANA BERBASIS EPIC MODEL PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE

Penulis

  • Siti Fatimah STIE Pancasetia Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Firda Nosita STIE Pancasetia Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i1.1252

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas iklan Ramayana versi ‘Lebaran di Planet Udique' pada media sosial YouTube. Penelitian ini menggunakan kuesioner daring dengan sampel sebanyak 96 orang mahasiswa STIE Pancasetia Banjarmasin yang pernah melihat iklan Ramayana versi ‘Lebaran di Planet Udique'.Teknik analisis data yang digunakan adalah metode EPIC, yaitu menggunakan variable empati (empathy), persuasi (persuasion), dampak (impact), dan komunikasi (communication). Hasil analisis EPIC untuk masing-masing variabel adalah 3.52 untuk variable empathy, 3.51 untuk variabel persuasion, 3.42 untuk variabel impact dan 3.57 untuk variabel communication. Nilai EPIC rate berada di angka 3.50. Nilai ini berada dalam rentang "efektif” yang berarti bahwa iklan terbukti dapat memberikan informasi dan pesan yang menarik, yang mendorong seseorang untuk berperilaku, yaitu keputusan pembelian

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-15

Cara Mengutip

Fatimah, S., & Nosita, F. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN RAMAYANA BERBASIS EPIC MODEL PADA MEDIA SOSIAL YOUTUBE. ULTIMA Management, 11(1), 39–54. https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i1.1252