PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN BISNIS INTRAPRENUER DAN RISK PROPENSITY TERHADAP NIAT KEWIRAUSAHAAN (STUDI TERHADAP KEPALA CABANG LEASING ABC)

Penulis

  • Elissa Dwi Lestari Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i2.1329

Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai persepsi terhadap lingkungan eksternal dan  risk propensity sebagai faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan. Di tengah kondisi lingkungan bisnis yang penuh dengan ketidakpastian, organisasi harus senantisa dinamis dan meningkatkan kewirausahaan sebagai salah satu bentuk respon stratejik. Penelitian ini berupaya untuk melihat pengaruh persepsi terhadap lingkungan bisnis (dinamis, munificence, hostile dan kompleks) sebagai faktor eksternal organisasi dan kecenderungan individual untuk mengambil risiko berpengaruh  terhadap niat  kewirausahaan di level individu kepala cabang. Objek penelitian ini adalah Leasing ABC yang sedang mengalami kondisi ketidakpastian lingkungan sebagai dampak menurunnya pasar sepeda motor merek tertentu sebagai target utama pembiayaan.  Penelitian dilakukan berdasarkan 144 data yang dikumpulkan dari kepala cabang dan Pos Head Leasing ABC di seluruh Indonesia. Analisa data dilakukan dengan menggunakan regresi berganda untuk melihat pengaruh variabel persepsi lingkungan eksternal dan risk propensity terhadap niat kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap lingkungan bisnis yang dinamis, persepsi lingkungan munificence, persepsi lingkungan kompleks dan kecederungan untuk mengambil resiko berpengaruh terhadap pembentukan niat kewirausahaan sedangkan persepsi lingkungan berbahaya tidak berpengaruh signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-03-09

Cara Mengutip

Lestari, E. D. (2020). PENGARUH PERSEPSI LINGKUNGAN BISNIS INTRAPRENUER DAN RISK PROPENSITY TERHADAP NIAT KEWIRAUSAHAAN (STUDI TERHADAP KEPALA CABANG LEASING ABC). ULTIMA Management, 11(2), 115–132. https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i2.1329