PENGARUH IMPORTANCE TO CAREER, FAMILY SUPPORT, EXPERIENCE OF FACULTY TERHADAP INTENTION TO PARTICIPATE IN STUDY ABROAD , TELAAH PADA PARA MAHASISWA UNIVERSITAS SWASTA, TANGERANG, BANTEN, INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31937/manajemen.v11i2.1380Abstrak
Kegiatan internasionalisasi pendidikan tinggi telah meningkat selama bertahun-tahun. Semakin banyak siswa di seluruh dunia yang tertarik untuk mengikuti program ini. Bagi universitas sebagai lembaga, program internasionalisasi memiliki dampak signifikan pada peningkatan akreditasi. Sementara itu, Program Study Abroad (Belajar di Luar Negeri), sebagai bagian dari internasionalisasi, memainkan peran penting karena memiliki dampak yang baik bagi siswa untuk mendapatkan peluang karir yang diharapkan setelah mereka lulus dari universitas.
Masalahnya adalah rasio jumlah peserta program Study Abroad (Belajar di Luar Negeri), dari Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara lain di tingkat ASEAN. Oleh karena itu, masalah dan cara mengatasinya merupakan topik penting dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, kami menggunakan kerangka teoritis dari Theory of Planned Behavior (TPB), yang memprediksi niat untuk belajar di luar negeri. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Indonesia. Hasilnya adalah bahwa dampak pentingnya terhadap sasaran karier, pengalaman dosen pada program Study Abroad (Belajar di Luar Negeri) dan dukungan keluarga memiliki niat positif untuk berpartisipasi siswa dalam studi di luar negeri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.