Realita Visualitas Generasi Z dalam Mise en Scene Iklan Shopee Men Sale
DOI:
https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2410Abstrak
Berkembangnya Internet 2.0 dalam masyarakat dengan cepat dan masif membuka peluang eksploitasi terhadap kehidupan pribadi dan komunal. Serangkaian upaya penjual jasa dan produk dalam internet berlomba untuk menjadi yang dipercaya oleh masyarakat digital, rangkaian pesona visual dalam layar digital seakan-akan hadir menggambarkan perilaku dan juga pengalaman mereka di dunia nyata demi kebutuhan kapital. Sebagai media yang paling banyak diakses di Indonesia khususnya Generasi Z atau Digital native membuat YouTube menjadi salah satu media yang paling banyak membuka peluang eksploitasi. Iklan YouTube Shopee Men Sale adalah kasus bagaimana salah satu toko online terbesar di Indonesia secara konstruktif melakukan pendekatan kepada calon pengguna terbanyak YouTube yakni Generasi Z demi tujuan komoditas. Dengan analisis kualitatif dan pendekatan Close Textual Analysis, penelitian ini hendak mengetahui bagaimana pola visualitas iklan YouTube Shopee 8.8 Men Sale 2019 dan Shopee 2.2 Men Sale 2021, menghadirkan nilai-nilai dan citra sosial Generasi Z untuk kebutuhan komoditasnya. Lantas melalui penelitian ini diketahui bahwa kedua iklan tersebut secara konstruktif melalui penggunaan aspek-aspek visual mise en scene mencoba menciptakan rekayasa realitas yang berkaitan dengan pengalaman dan perilaku Generasi Z.
Kata Kunci: realita; aspek visual; iklan youtube; shopee men sale; mise en scene; generasi z.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.












