Realita Visualitas Generasi Z dalam Mise en Scene Iklan Shopee Men Sale

Penulis

  • Deni Kristanto Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Wiwik Sushartami Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  • Budi Irawanto Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2410

Abstrak

Berkembangnya Internet 2.0 dalam masyarakat dengan cepat dan masif membuka peluang eksploitasi terhadap kehidupan pribadi dan komunal. Serangkaian upaya penjual jasa dan produk dalam internet berlomba untuk menjadi yang dipercaya oleh masyarakat digital, rangkaian pesona visual dalam layar digital seakan-akan hadir  menggambarkan perilaku dan juga pengalaman mereka di dunia nyata demi kebutuhan kapital. Sebagai media yang paling banyak diakses di Indonesia khususnya Generasi Z atau Digital native membuat YouTube menjadi salah satu media yang paling banyak membuka peluang eksploitasi. Iklan YouTube Shopee Men Sale adalah kasus bagaimana salah satu toko online terbesar di Indonesia secara konstruktif melakukan pendekatan kepada calon pengguna terbanyak YouTube yakni Generasi Z demi tujuan komoditas. Dengan analisis kualitatif dan pendekatan Close Textual Analysis, penelitian ini hendak mengetahui bagaimana pola visualitas iklan YouTube Shopee 8.8 Men Sale 2019 dan Shopee 2.2 Men Sale 2021, menghadirkan nilai-nilai dan citra sosial Generasi Z untuk kebutuhan komoditasnya. Lantas melalui penelitian ini diketahui bahwa kedua iklan tersebut secara konstruktif melalui penggunaan aspek-aspek visual mise en scene mencoba menciptakan rekayasa realitas yang berkaitan dengan pengalaman dan perilaku Generasi Z.


Kata Kunci:  realita; aspek visual; iklan youtube; shopee men sale; mise en scene; generasi z.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Kristanto, D., Sushartami, W., & Irawanto, B. (2022). Realita Visualitas Generasi Z dalam Mise en Scene Iklan Shopee Men Sale. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 01–15. https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2410