Pengaruh Konten Pameran Virtual 'My Life As VCDears' Terhadap Citra Prodi VCD

Penulis

  • Quina Reivaldi Limantara Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2484

Abstrak

Visual Communication Design (VCD) memiliki visi menciptakan lulusan yang mampu menghasilkan desain yang unik dan dapat diterima masyarakat. Mahasiswa didorong untuk selalu melakukan eksplorasi diri. Kali ini mata kuliah Graphic On Product (GOP) melakukan pameran karya seni kolase dengan judul My Life As VCDears, dimana disini mahasiswa diberi kesempatan untuk menceritakan pengalaman mereka selama di VCD tanpa ada intervensi dari dosen atau tutor. Tujuan penelitian ini adalah evaluasi untuk tugas dan kurasi karya yang akan dipamerkan dalam pameran baik konvensional/ virtual selanjutnya atau pameran mata kuliah lainnya. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa pameran berpengaruh terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif berdasarkan hasil eksplorasi sumber. Dua puluh (20) karya mahasiswa menjadi subjek penelitian dan pameran My Life As VCDears menjadi objek penelitian. Hasilnya adalah 8 dari 20 karya mahasiswa (40%) menunjukan kesan positif, 2 dari 20 karya mahasiswa (10%) menunjukan kedua sisi, dan 10 dari 20 karya mahasiswa (50%) menunjukan kesan negatif tentang kehidupan di VCD. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap tahap interpretasi dan reaksi. Penelitian selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini agar dapat wawasan yang penuh. Penggalian dan analisa data yang lebih mendalam tentang respon mahasiswa terhadap beban tugas kuliah dapat dilakukan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kesalahan persepsi terutama karena kesalahan perhatian karena tidak semua pengunjung bersedia memahami 100% tentang karya yang dipamerkan. 

Kata Kunci: konten; pameran virtual; persepsi; citra vcd; graphic on product

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-27

Cara Mengutip

Limantara, Q. R. (2022). Pengaruh Konten Pameran Virtual ’My Life As VCDears’ Terhadap Citra Prodi VCD. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 107–114. https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2484