Pendekatan AISAS Dalam Post Instagram Carousel Sebagai Strategi Promosi Pada Museum Ranggawarsita
DOI:
https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2586Abstrak
Media Sosial sebagai media informasi yang mampu menjadi jembatan komunikasi antar manusia ini digunakan oleh berbagai komunitas untuk menyebarkan informasi dengan berbagai tujuan terutama dalam hal pemasaran. Salah satu teori yang digunakan dalam ilmu pemasaran seperti AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) ini dijadikan landasan sebagai dasar berbagai komunitas meraih perhatian khalayak di media sosial. Pemangku kebutuhan dalam komunitas ini salah satunya adalah Museum Ranggawarsita Jawa Tengah yang aktif menyebarkan informasi melalui platform media sosial yaitu Instagram. Namun, Museum Ranggawarsita sebagai mitra penelitian ini memiliki kebutuhan yang mendesak atas penyebaran informasi yang melibatkan data yang kompleks tentang koleksi museum ke dalam platform Instagram. Data yang kompleks tersebut dapat dituangkan dalam bentuk infografis melalui platform Instagram dengan bentuk carousel. Bentuk Carousel pada platform Instagram ini mampu meningkatkan ketertarikan dan informasi yang kompleks dalam satu tautan.
Kata Kunci: AISAS; infografis; instagram carousel; museum
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.












