Implementasi Augmented Reality untuk Karya Isometrik pada Animation Art Exhibition (Animaxtion)
DOI:
https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3111Abstrak
Abstrak: Dalam pameran karya seni, animasi juga ikut berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan kebutuhan pengunjung pameran. Salah satu konsep pameran dengan memamerkan hasil karya gambar isometric yang ditunjukkan lewat pameran, kemudian memvisualisasikannya dalam 3D animasi menggunakan metode Augmented Reality. Augmented Reality sendiri merupakan teknologi yang menjalankan karya dan menggabungkan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer.
Dalam hasil riset yang sudah di jalani jika hasil dari pelaksanaan Augmented Reality (AR) menggunakan software Unity sukses di implementasikan pada Smartphone dan Tablet berbasis Android dengan mempraktikkan objek Isometric yang ditampilkan kala smartphone dengan sistem pembedahan Android ataupun Tablet mentrigger hasil cetak karya mahasiswa yang berisi gambar cetak karya pameran Animaxtion.
Keywords: Augmented Reality; Unity; Animaxtion; Isometric.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International License (CC-BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.