Analyzing the Adaptation of Ramayana Wayang Characters in Code Atma Video Game

Penulis

  • Ariel Marsha Luana Brahmana Bandung Institute of Technology
  • Banung Grahita Bandung Institute of Technology

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3230

Abstrak

Promosi Wayang penting bagi generasi mendatang untuk terus menghargai nilai, makna, dan semangat murni seperti yang seharusnya. Sebagai budaya tradisional yang bertahan di era modern, adaptasi modern adalah salah satu dari banyak cara untuk mempromosikannya kepada generasi muda di samping hiburan modern lainnya. Game "Code Atma" yang dikembangkan oleh Agate pada tahun 2020 telah menarik perhatian generasi muda karena desain karakternya yang menarik, yang merupakan rendisi modern dari budaya tradisional yang sudah tidak asing lagi. Untuk memastikan fokus penelitian, karakter Code Atma yang dipilih adalah karakter dari cerita Ramayana: Shinta, Rama, Rahwana, dan Hanuman. Penelitian kualitatif ini menggunakan analisis komparatif untuk mengelompokkan dan menguraikan lebih lanjut elemen-elemen karakter, yaitu aspek visual, kepribadian, dan keterampilan dari setiap karakter Code Atma dengan karakter asli Wayang Kulit Ramayana. Elemen-elemen esensial dari setiap karakter dipaparkan dengan menganalisa kemiripannya menggunakan Jungian Archetypes dari Carl Jung. Terdapat batasan dalam mendesain ulang karakter Wayang untuk adaptasi modern, karena postur tubuh, proporsi, dan pakaian merupakan elemen inti yang harus tetap dipertahankan agar identitas karakter tetap dapat dikenali.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Brahmana, A. M. L., & Grahita, B. (2023). Analyzing the Adaptation of Ramayana Wayang Characters in Code Atma Video Game. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 16(1), 114–124. https://doi.org/10.31937/ultimart.v16i1.3230