Studi Efektivitas Praktik Modeling Dalam Produksi Asset Animasi Stop Motion Menggunakan 3D Printing

Penulis

  • Bharoto Yekti Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.384

Abstrak

Teknologi 3D printing sudah mulai banyak digunakan di industri animasi terutama animasi stop motion. Penggunaan 3D printer untuk animasi stop motion paling banyak digunakan pada teknik replacement animation. Perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aset animasi stop motion tidak terbatas pada jenis perangkat lunak untuk animasi 3 Dimensi (3D) saja, Teknik 3D digital sculpting juga dapat digunakan untuk membentuk 3D model yang kemudian bisa diproses menjadi aset untuk animasi stop motion dengan 3D printer. Penelitian ini membandingkan pembuatan model 3Dimensi yang menggunakan metode polygon modeling (memakai perangkat lunak Softimage) dengan pembuatan 3D model yang menggunakan metode digital sculpting (memakai perangkat lunak Zbrush).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan serta kelebihan metode poly modeling dan digital sculpting untuk membuat 3D model, dari proses modeling awal sampai ke tahap converting file perangkat lunak native menjadi file .stl yang siap diproses dengan 3D printer.

Key words : 3d modeling, 3d printing, Stop motion, animationEngine.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2016-11-12

Cara Mengutip

Yekti, B. (2016). Studi Efektivitas Praktik Modeling Dalam Produksi Asset Animasi Stop Motion Menggunakan 3D Printing. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), 36–46. https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.384