Analisa Penanda Cangkir Pada Brandmarks Coffeeshop di Jakarta

Penulis

  • Zamzami Almakki Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31937/ultimart.v9i1.741

Abstrak

Identitas visual memiliki peranan penting dalam sebuah usaha dan institusi. Perusahaan daninstitusi yang tidak memiliki identitas visual memiliki kecenderungan tidak dikenali dan dibedakan. Maraknya industri kopi dan lebih spesifiknya pada coffeeshop, marak pula kebutuhan akan identitas visual, untuk dikenali sebagai coffeeshop dan dibedakan dari coffeeshop lainnya. Akan tetapi, kehadiran beberapa identitas visual coffeeshop ternyatasangat mudah dikenali dengan penggunaan cangkir pada logonya. Hal tersebut yang menjadi pembahasan utama dalam penelitian yang akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika visual yang merupakan perpaduan antara tipologi brandmarks yang dikemukakan Wheeler (2009) dan struktur logo yang dikemukakan Floch (2000) serta tipe obyek tanda yang dikemukakan Pierce terhadap tanda pada brandmarks. Analisa ini diharapkan dapat menghasilkan pemahaman atas penggunaan penanda cangkir pada brandmarks coffeeshop dan pengetahuan dalam menganalisa identitas visual.

Kata kunci: visual, coffeeshop, logo

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Zamzami Almakki, Universitas Multimedia Nusantara

Zamzami adalah pengajar tetap pada Program
Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni &
Desain, Universitas Multimedia Nusantara.

Unduhan

Diterbitkan

2018-03-21

Cara Mengutip

Almakki, Z. (2018). Analisa Penanda Cangkir Pada Brandmarks Coffeeshop di Jakarta. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 9(1), 56–74. https://doi.org/10.31937/ultimart.v9i1.741